Profile

Sekilas Sejarah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PB-Ing) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) didirikan pada tahun 1984 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 109/DIKTI/KEP/1984, yang ditandatangani oleh Sukadji Panuwihardjo pada tanggal 21 Agustus 1984. Pada awal pendiriannya, Prodi PB-Ing merupakan program Diploma II (D2) dan Diploma III (D3) yang diselenggarakan oleh FKIP.

Pada tahun 1986, Prodi PB-Ing mengalami transformasi menjadi Program Studi Strata Satu (S1) sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 39/DIKTI/KEP/1986 tanggal 21 Agustus 1986, yang menetapkan jenis dan jumlah program studi pada setiap jurusan di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sejak saat itu, Prodi PB-Ing terus berkembang sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat, organisasi, dan tuntutan ilmu pengetahuan serta teknologi. Untuk menjawab berbagai tantangan ini, Prodi PB-Ing mengalami perubahan struktur organisasi dan manajemen. Sebelumnya bernaung di bawah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, yang terdiri dari Prodi PB-Ing dan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, kini Prodi PB-Ing berdiri sebagai Jurusan mandiri. Saat ini, Prodi PB-Ing merupakan salah satu dari 17 Prodi/Jurusan di FKIP-UHO, dengan 28 dosen tetap PNS, 8 dosen tetap non-PNS, serta 1 tenaga administratif (honorer), dan jumlah mahasiswa mencapai 642 orang.

Pemisahan Prodi dan perubahan statusnya menjadi Jurusan mandiri diperkuat oleh Surat Keputusan Rektor Nomor 974b/UN29/SK/KP/2016 yang ditetapkan pada 29 Juli 2016. Keputusan ini mengakibatkan perubahan signifikan dalam struktur organisasi, tata kelola, dan manajemen internal. Selain itu, perubahan tersebut juga berdampak pada struktur kepemimpinan, di mana Ketua dan Sekretaris Jurusan PB-Ing kini bertanggung jawab langsung kepada Dekan FKIP. Meski secara nomenklatur disebut Jurusan PB-Ing, dalam dokumen Renstra (Rencana Strategis) istilah Prodi PB-Ing tetap digunakan secara bergantian.

Dalam rangka mengimplementasikan kebijakan baru dan meningkatkan kualitas, Prodi PB-Ing telah melakukan berbagai pembenahan menyeluruh, terutama dalam memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dengan tujuh komponen standarisasinya. Upaya ini dilatarbelakangi oleh keinginan kuat dari seluruh stakeholder untuk meningkatkan peringkat akreditasi, yang saat ini masih berada pada peringkat B. Prodi PB-Ing telah beberapa kali melalui proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dengan periode akreditasi terakhir berlaku hingga 29 Mei 2019. Oleh karena itu, pengajuan kembali akreditasi program studi menjadi prioritas.

Hingga saat ini, Prodi PB-Ing telah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai instansi di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara. Sebagian besar lulusan bekerja sebagai tenaga pendidik (guru) di tingkat SMP dan SMA. Selain itu, ada juga lulusan yang berkarir sebagai dosen di universitas, sekolah tinggi, atau akademi. Beberapa lulusan lainnya terjun ke sektor lain yang memerlukan keterampilan berbahasa Inggris, seperti wirausahawan pendidikan (edupreneur) yang mengelola, mengajar, dan mengembangkan bahan ajar kreatif di lembaga pendidikan/pelatihan/kursus. Selain itu, ada yang bekerja sebagai penerjemah, tenaga perbankan, pekerja LSM, jurnalis, dan profesi lainnya.