Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

VISI

“Pada tahun 2029 menjadi program studi yang berkualitas dengan layanan prima dalam menghasilkan insan cerdas komprehensif sebagai pendidik bahasa Inggris yang profesional, berdaya saing dan berkarakter mulia untuk mendukung pengajaran dan pendidikan berbasis teknologi, informasi dan komunikasi (TIK)”

Penjelasan Visi

  1. Berkualitas adalah terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan standar mutu yang tinggi dengan memperhatikan keberlanjutan (sustainability) dan kebutuhan pasar (market signal).
  2. Layanan prima adalah pengerahan segenap potensi yang dimiliki oleh program studi pendidikan Bahasa Inggris untuk mengoptimalkan peningkatan kompetensi mahasiswa dan semua komponen yang terkait dengan program studi termasuk didalamnya dosen, tenaga administrasi, alumni dan masyarakat.
  3. Insan cerdas komprehensif adalah sifat unggul yang ditunjukkan oleh civitas akademika program studi pendidikan Bahasa Inggris dalam hal keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa (cerdas spiritual), menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (cerdas intelektual), memiliki kematangan emosional (cerdas emosional), serta memiliki kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan lingkungannya (cerdas sosial).
  4. Pendidik profesional adalah kesiapan alumni program studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam melaksanakan tugas yang diemban, didukung oleh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.
  5. Berdaya saing artinya pendidik bahasa Inggris memiliki kemampuan, kekuatan dan keunggulan pembeda dengan yang lain untuk bisa berkembang dalam kondisi apapun dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris .
  6. Berkarakter mulia adalah membentuk dan mengembangkan budaya BISA (Bersih, Indah, Sejuk, Aman) dengan semboyan JAGAD KITA (Jujur – Adil – Gotong Royong – Adaptif – Disiplin – Kreatif – Inovatif – Toleran – Amanah).
  7. Mendukung pengajaran dan pendidikan berbasis teknologi, informasi dan komunikasi artinya pendidik bahasa Inggris sebagai insan cerdas komperensif yang profesional, berdaya saing dan berkarakter mulia itu mampu melaksanakan pengajaran dan pendidikan dengan menerapkan media pengajaran berdasarkan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang keguruan Bahasa Inggris berbasis riset dan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sehingga lulusannya mampu bersaing dan beradaptasi dalam lingkup national dan global;
  2. Melaksanakan penelitian unggulan di bidang keguruan dan pendidikan Bahas Inggris yang berorientasi pada publikasi jurnal ilmiah nasional dan internasional serta perolehan Hak Kekayaan Intelektual/HaKI ;
  3. Menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang keguruan dan pembelajaran Bahasa Inggris dan produk intelektual yang unggul lainnya bagi pengembangan kualitas pembelajaran
  4. Melaksanakan sistem tata kelola program studi yang akuntabel, transparan dan kredibel untuk memenuhi tanggungjawab program studi dalam memberikan layanan pendidikan yang unggul dan profesional
  5. Melaksanakan pengembangan potensi mahasiswa di bidang kerohanian dan karakter, penalaran, olahraga, seni budaya dan kewirausahaan, dalam mendukung kecerdasan di bidang keguruan dan pendidikan Bahasa Inggris yang profesional untuk membangun atmosfer akademik di lingkup program studi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan baik di tingkat universitas maupun nasional;
  6. Melaksanakan pemeliharaan lingkungan program studi aman, bersih, nyaman, dan berwawasan lingkungan untuk mendukung penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan

  1. Berkembangnya pendidikan di bidang keguruan Bahasa Inggris berbasis riset dan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informas;
  2. Berkembangnya penelitian unggulan di bidang keguruan dan pendidikan Bahasa Inggris yang berorientasi pada publikasi jurnal nasional dan internasional serta perolehan Hak Kekayaan Intelektual/HaKI;
  3. Tercapainya penerapan hasil-hasil riset dan produk intelektual lainnya di bidang keguruan dan pendidikan Bahasa Inggris dalam rangka mengembangkan mutu pembelajaran;
  4. Menguatnya tata kelola program studi pendidikan Bahasa Inggris yang akuntabel, transparan dan kredibel dalam memberikan layanan pendidikan yang unggul dan profesional;
  5. Berkembangnya potensi mahasiswa di bidang kerohanian dan karakter, penalaran, olahraga, seni, budaya dan kewirausahaan;
  6. Terciptanya lingkungan program studi pendidikan Bahasa Inggris yang aman, bersih, nyaman, dan berwawasan lingkungan untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi

Pencapaian visi, misi dan tujuan prodi tersebut diyakini dapat diwujudkan melalui tiga bidang utama dalam penyelenggaraan prodi pendidikan Bahasa Inggris yaitu Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi acuan dalam merancang dan melaksanakan program kerja prodi sebagaimana diformulasikan di bawah ini.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan guru Bahasa Inggris yang professiona;
  2. Mengadakan dan memajukan penelitian dalam bidang pengajaran Bahasa Inggris dan pendidikan;
  3. Membangun hubungan kemitraan dengan jaringan stakeholder di tingkat lokal, nasional dan internasional di bidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris.

Sebagai bagian dari Universitas Halu Oleo (UHO), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki nilai-nilai yang diperjuangkan dalam menjalankan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun nilai-nilai tersebut adalah:

  1. Maju yang berarti kemampuan untuk mencapai nilai atau standar tententu yang diakui dalam pelaksanaan tridharma yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Standar disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
  2. Bermartabat yang merupakan tingkat harkat kemanuasiaan atau harga diri. Universitas yang bermartabat adalah universitas yang menjadikan sivitas akademikanya mempunyai harga diri yang tinggi berpedoman kepada keyakinan dasar nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur;
  3. Berbudaya akademik, berarti dalam semua kegiatannya, sivitas akademika akan senantiasa berinovasi untuk menemukan cara yang efektif dan efisien, memiliki kompentensi dan kapabilitas, berwawasan, memahami cara mengimplementasi IPTEKS dengan baik, serta menjunjung tinggi profesionalisme.

Strategi Pencapaian Tujuan

No. Tujuan Strategi
1. Meningkatkan kualitas layanan akademik dalam mempersiapkan alumni yang kompetitif, adaptif, inovatif, dan kolaboratif yang berwawasan global namun berperilaku lokal sesuai  kultur dan nilai-nilai keindonesiaan.
  1. Dosen mengampu mata kuliah menggunakan media pembelajaran berbasis IT dan mengelola kelas pembelajaran students center.
  2. Menerapkan monev pelaksanaan perkuliahan oleh K2JM prodi.
  3. Setiap dosen menyediakan RPS MK berbasis pembelajaran proyek dan  kasus dan mengukur ketercapaian CPL MK setiap akhir semester
  4. Dosen mengembangkan bahan pembelajaran tidak hanya bersumber dari buku dan artikel jurnal, tetapi juga dari hasil penelitian dan PkM dosen.
  5. Dosen mengintegrasikan pendidikan karakter (character building) dalam mengampu mata kuliah.
  6. Dosen menerapkan metode colloquial dalam membimbing tugas akhir mahasiswa.
2. Meningkatkan kualitas layanan intra-kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstrakurikuler dalam rangka pembinaan dan pengembangan bakat dan minat mahasiswa serta mempersiapkan alumni yang berjiwa wirausaha.
  1. Melakukan pembinaan kepada HMJ dan mendampingi serta memfasilitasi pengurus HMJ dalam melaksanakan kegiatan: English Expo Tingkat Nasional, Latihan Dasar Kepemimpinan, serta penelusuran dan pengembangan bakat dan minat mahasiswa baru.
  2. Mengikutsertakan mahasiswa dalam pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh UPT P2KM UHO setiap tahun
  3. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan mentoring on entrepreneurship secara online dengan narasumber dari personal Global Economic Awareness (GEA) yang berpusat di New York.
3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian kolaboratif dan PkM kolaboratif yang bermuara pada bertambahnya jumlah publikasi dosen (dan mahasiswa) dan perolehan HaKI serta pengintegrasian hasil penelitian dan PkM dalam pembelajaran.
  1. Melaksanakan kerja sama penelitian dan PkM dengan Pemda yang ada di Sultra melalui dinas terkait.
  2. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan PkM.
  3. Mengikutsertakan dosen (utamanya dosen muda) dalam pelatihan metodologi penelitian dan PkM yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Halu Oleo.
  4. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan penulisan karya ilmiah dan publikasi
  5. Memfasilitasi dosen dalam perolehan HaKI atas publikasi hasil-hasil penelitian dan PkM
4. Melakukan penguatan tata kelola lembaga prodi dalam menyediakan layanan yang berprinsip pada kolegalitas, akuntabilitas, dan transparansi.
  1. Mensosialisasikan semua program PS kepada segenap dosen, disertai target capaian dan permasalahan yang dihadapi untuk dibahas bersama dalam mendapatkan solusi.
  2. Mengikutsertakan semua dosen dalam kegiatan HMJ.
  3. Mengikutsertakan semua dosen dalam penyusunan kurikulum baru berbasis OBE dan MBKM, Renstra prodi, Roadmap penelitian, dan Roadmap PkM.
  4. Melaksanakan rapat akademik setiap awal, tengah, dan akhir semester guna mengevaluasi pelaksanaan layanan akademik dan non-akademik.
  5. Menetapkan pembagian pengampu MK dan pembimbing tugas akhir, pembagian penguji (proposal, seminar hasil, dan skripsi) dan DPL KKN dalam forum rapat akademik PS berdasarkan prinsip pemerataan secara proporsional.
5 Meningkatkan suasana atmosfer akademik yang kondusif yang bertumpu pada pemeliharaan kebersihan lingkungan, penjagaan stabilitas keamanan, dan perwujudan lingkungan belajar yang nyaman dan asri (Green Campus). Mendukung upaya FKIP dan UHO dalam mewujudkan status UHO sebagai Green Campus melalui:

  1. Menyediakan tempat sampah yang memadai dan alat-alat kerja cleaning servis yang ditugaskan di PS
  2. Menghimbau seluruh civitas akademika agar senantiasa menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.
  3. Berkoordinasi dengan tenaga security FKIP UHO dalam meredam dan meminimalisir potensi gangguan dari luar dan potensi konflik sesama mahasiswa utamanya pada saat penerimaan mahasiswa baru
  4. Bersama seluruh dosen dan pengurus HMJ melakukan penanaman pohon secara berkala.
6 Meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan lembaga mitra baik prodi sejenis di universitas lain (dalam dan luar negeri), maupun dengan lembaga profesi dan NGO (bertaraf nasional dan internasional)
  1. Berperan aktif dalam IEEF, yaitu forum komunikasi PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Negeri se-Indonesia.
  2. Melakukan kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian, dan PkM, dengan lembaga mitra baik PS Pendidikan Bahasa Inggris universitas lain, Pemda, lembaga profesi, maupun NGO kelas dunia.